Cara Mengatasi Error Saat Verifikasi Domain TLD (Blogger Blogspot Masuk)
Cara Mengatasi Error Saat Verifikasi Domain TLD (Blogger Blogspot Masuk) - Sugeng rawuh rencang-rencang, yo kali ini penulis ingin berbagi pengalaman seputar dunia blogging. Ya tentunya sampean tahu lah blog KUDUNE.COM ini masih baru, masih sedep-sedep harum pokoknya. Nah kemarin sewaktu penulis ingin memodifikasi domain TLD atau istilah kerennya "Custom Domain", blog ini, penulis merasa kesulitan. Bagaimana kelanjutnya? yuk simak pengalaman penulis selengkapnya.

Custom Domain Blogspot Error Saat Verifikasi DNS Server

Cara Mengatasi Error Saat Verifikasi Domain TLD


Jadi begini ceritanya, kemarin penulis itu lagi custom domain untuk blog ini, dari kudu-ne.blogspot.com menjadi kudune.com, biar keren gitu ekspektasi penulis. Lalu dengan ekspektasi tersebut penulis pun beli domain TLD deh di salah satu penyedia domain TLD (gak usah tak sebutlah ya, lha wong aku rak di endorse). Terbeli lah domain TLD dengan nama terdaftar KUDUNE.COM, nah setelah penulis resmi jadi pemilik domain TLD tersebut, penulis ingin sambungkan tuh domain dengan blogspot yang sudah dimiliki.

Eh gak taunya setelah semua masukin host, address, dll sesuai dengan yang ada di blogspot, gak taunya ada kalimat yang bikin pedes di mata. Jadi beginilah kira-kira kalimat tersebut: "we have not been able to verify your authority to this domain" udah bahasanya kagak ngerti-ngerti amat, dikasih warna merah pula, wah makin pening kepala penulis. Untungnya penulis KUDUNE memang harus bisa menyelesaikan masalahnya, apalagi sebagai penulis di KUDUNE.COM nantinya kan harus punya banyak informasi. Alhasil minta bantuan Google terjemahan deh buat nerjemahin kalimat yang ada disekitar kalimat tersebut, ya termasuk kalimat yang di tanda merah tersebut.

Alhamdulillah lurrrr... tak coba satu per satu ternyata bisa, alhasil mengudara lah blog KUDUNE. Ya meskipun memang sempet beberapa kali salah, dan gagal sih.

Cara Mengatasi "we have not been able to verify your authority to this domain"

Mungkin banyak teman-teman blogger Indonesia yang sering mengalami hal semacam ini. Dulu penulis pernah ditanyain oleh mas-mas yang kerja di sebuah perusahaan yang saya buat tempat magang. Lah waktu itu permasalahan mas tersebut mirip seperti yang penulis alami, waktu itu sih saya bodo amat dan memang belum tahu solusi buat masalah itu. Ehhh, gak taunya malah kena sendiri juga, ya sudah deh sekalian buat pengalaman pribadi.

Jadi kalimat yang bikin pening penulis tersebut kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia maka berbunyi "kami belum dapat memverifikasi kewenangan Anda terhadap domain ini". Jadinya butuh bantuan buat verifikasi manual deh, ya ibarat teman-teman kalau lagi belanja online dan di situsnya status pembayaran sampean belum terbayarkan, padahal barang mau dipake secepatnya. Otomatis biar barang cepet datang, sampean kan menghubungi si penjual buat ngirim bukti transfer biar status pembayarane jadi terbayarkan kan?. Nah gak jauh beda lah sama kasus ini, jadi kita minta bantuan google secara manual (yo tetep di lakukan lewat online lah) buat bantu verifikasi kepemilikan domain kita supaya secepatnya bisa mengudara.

Wes rausah panjang lebar meneh, langsung wae simak cara-carane mengatasi masalah kui. Nah berikut ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ketika proses verifikasi DNS Server dari penyedia domain yang sampean pilih ke blogspot.

Cara Mengatasi Error Saat Verifikasi Domain TLD (Blogspot)

Jika sampean saat proses penyambungan antara domain yang baru sampean beli dengan blogspot sampean dan mengalami masalah seperti penulis bisa lakukan cara berikut. Mengatasi masalah yang punya kalimat "we have not been able to verify your authority" dijamin work 100%.

Langkah Pertama:

Kan sampean sebelumnya sudah menyambungkan kode unik dari blogspot ke DNS Server penyedia domain yang sampean pilih. Jika belum gak mungkin deh keluar kalimat "we have not been able to verifiy your authority". Nah jika sampean sudah melakukan itu dan keluar kalimat tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeklik link "here" kalau dalam bahasa Inggris, atau "disini" kalau dalam bahasa Indonesia. Atau bisa lihat gambar berikut ini.

Cara Mengatasi we have not been able to verify your authority to this domain


Nanti akan diarahkan kehalaman baru, lihat langkah kedua.

Langkah Kedua:


Nah disini halaman baru yang penulis maksud adalah halaman Google yang nantinya buat proses verifikasi kepemilikan domain sampean. Langkah kedua ini sampean cukup melakukan pemilihan penyedia jasa atau tempat sampean beli domain. Ya bisa namecheap, godaddy, domainesia, idhostnic, hostinger, atau yang lainnya. Tapi jika pada menu tersebut tidak ada nama penyedia jasa domain yang sampean beli, pilih saja "lainnya". Lihat gambar dibawah ini,

Cara Mengatasi we have not been able to verify your authority to this domain


Kemudian jika penyedia domain jasa sampean tertera di pilihan penyedia jasa, misal seperti namecheap, tinggal deh salin kode yang ditampilkan dan tambahkan TXT record di DNS manager namecheap sampean. Tapi kalau misal sampean pilih lainnya, setelah memilih lainnya atau other, sampean klik "Add a CNAME record" dibagian bawah atas tombol verifikasi. Jika sudah mengeklik tombol tersebut nantinya akan muncul 2 kode, kode label/host dan kode untuk destinasi/address. Lihat gambar berikut.


Langkah Ketiga:

Setelah langkah kedua sudah sampean ikuti, tentunya dari langkah tersebut akan keluar 2 kode seperti gambar berikut.

Cara Mengatasi we have not been able to verify your authority to this domain

Salin kedua kode tersebut ke tools DNS manager di tempat pembelian domain sampean. Buka halaman situs tempat pembelian domain sampean, terus buka tools DNS manager. Eittss halaman Google ini jangan di close dulu yah, lihat langkah ke empat.

Langkah Ke Empat:

Langkah cara mengatasi custom domain TLD yang gagal atau error berikut ini melanjutkan langkah sebelumnya. Jadi kode yang sudah disalin tadi bisa sampean tempelkan ke DNS Server domain sampean. Caranya adalah buka tools dns manager, kemudian tambahkan record baru. Pilih tipe record menjadi TXT, dan masukkan kode yang berwarna kuning (lihat gambar pada langkah ketiga) ke kolom Host Name dan kode berwarna hijau masukkan ke kolom Value. Terus tinggal save atau simpan atau sebagainya itulah. 

Cara Mengatasi we have not been able to verify your authority to this domain


Langkah Terakhir:

Cara Mengatasi we have not been able to verify your authority to this domain


Kembali lagi ke halaman Google tadi, kemudian setelah langkah ke empat sudah dilakukan dengan benar tinggal klik deh tombol "VERIFIY" yang ada dibawah sendiri. Dan lakukan langkah masukkan domain TLD sampean kembali, insyaallah lancar, tanpa ada kalimat yang bikin mata pedes.

Baca juga: Situs Kursus Online Gratis Terbaru

Nah itulah artikel KUDUNE kali ini mengenai Cara Mengatasi Error Saat Verifikasi Domain TLD. Pokoke kudu iso, ojo muni ora iso ndisik, di jajal sek, nek bingung? bukaen KUDUNE.COM.

Baca juga: Penyebab Tidak Bisa Submit Channel di Campaign

2 Komentar

  1. punya saya kok gagal saat verifikasi lewat text ataupun cname ya ?

    BalasHapus
  2. saya udah coba tapi tetep ngga berhasil kenapa yah

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter