Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Dengan Printer

Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Dengan Printer - Halo sobat Kudune, bingung lagi cari bisnis yang laku saat ini? Tepat banget nih kali ini penulis akan berbagi informasi mengenai bisnis yang cukup laku dan menguntungkan saat ini.

Ya sesuai dengan judul artikel kali ini lah ya, bisnis yang saya maksud adalah bisnis percetakan. Masyarakat pada umumnya pasti menganggap bisnis percetakan ini perlu modal yang besar. Namun informasi yang penulis bagikan kali ini merupakan bisnis cetak undangan pernikahan dengan printer yang hanya perlu modal kecil dan tidak terlalu besar.

Lalu apa itu bisnis cetak undangan pernikahan dengan printer? dan bagaimana cara operasional binis yang satu ini? Yuk simak selengkapnya artikel kali ini.

Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Dengan Printer


Undangan Pernikahan


Bisnis cetak undangan pernikahan dengan printer merupakan bisnis kelas menengah ke atas yang bisa di jalankan dengan modal kecil. Dan juga bisa dijalankan oleh masyarakat di perdesaan sekali pun. Siapa sih yang tidak ingin menikah? dari hal tersebut lah kita sebagai pengusaha tentunya bisa mendapatkan peluang untuk mencari penghasilan.

Tapi apa saja sih yang harus dilakukan untuk bisa menjalankan bisnis yang satu ini? Nah berikut ini ada beberapa tahapan atau beberapa hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memulai binis cetak undangan dengan printer ini.

Persiapan Memulai Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer


Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Dengan Mudah

Berikut ada beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis cetak undangan menggunakan printer.

1. Mencari Printer (kalau sudah punya jauh lebih baik)


Tahukah Anda? Printer merupakan senjata utama dalam bisnis ini. Tak hanya itu, printer juga jantung usaha bisnis ini. Lalu printer apa yang cocok untuk usaha cetak undangan? Yang jelas printer tersebut mampu mencetak dengan tinta berwarna dan juga mampu mencetak dengan ukuran A4.

Untuk merk sendiri itu tergantung Anda sebagai pengusaha yang akan menjalankan bisnis ini. Namun kebanyakan teman-teman yang menjalankan bisnis ini menyarankan menggunakan printer dengan merk EPSON.

Bagaimana harganya? Hmm jangan khawatir, seperti yang sudah penulis singgung sebelumnya bila bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Untuk printer yang bisa digunakan cetak undangan harga barunya hanya Rp 2,2 Juta itu pun sudah bisa digunakan untuk mencetak, foto copy, dan juga scan.

Masih terasa mahal? jangan khawatir, selain printer dengan harga tersebut, masih banyak kok printer dengan harga yang lebih murah. Apalagi printer bekas, banyak kok yang murah. Soal harga tergantung masing-masing dari pintar-pintaran dalam memilih dan mencari produk lah ya.

Bagaimana jika sudah punya? Ya justru malah lebih bagus. Malah modal awal yang dikeluarkan untuk bisnis ini jauh lebih murah.

2. Lokasi Usaha


Setiap usaha, tentunya perlu mempertimbangkan lokasi yang berfungsi sebagai bertemunya dengan calon pelanggan. Lokasi usaha juga mempengaruhi usaha percetakan Anda, jika lokasi Anda berada di keramaian maka tidak perlu khawatir deh bisnis ini laku tidaknya. Ya paling tidak usaha Anda bisa dijangkau dan dilihat oleh orang lain.

Namun jangan khawatir, saya kira bisnis cetak undangan pernikahan dengan printer berada di perdesaan pun bisa berjalan. Apalagi jika poin-poin penting berikutnya seperti pemasaran dan banner bisa Anda jalankan dengan baik, saya kira aman lah bisnis ini. Untuk poin-poin penting tersebut bisa Anda baca selanjutnya.

3. Pemasaran


Seperti yang sudah penulis singgung sebelumnya, bila pemasaran bisnis cetak undangan pernikahan dengan printer sangat perlu pemasaran yang baik. Bagaimana sih cara pemasaran yang baik? yang jelas Anda harus rajin mempromosikan usaha Anda ini kepada masyarakat sekitar dan melalui media sosial.

Dengan media sosial tersebut bisnis Anda tidak hanya diketahui oleh masyarakat sekitar lokasi bisnis Anda saja, namun juga masyarakat di seluruh dunia. Ya tidak dunia lah ya, mentok-mentok seluruh Indonesia. Selain itu juga Anda harus memiliki identitas berupa banner yang akan penulis jelakan pada poin berikutnya.

4. Banner


Nah banner merupakan salah satu instrumen penting loh dalam bisnis cetak undangan pernikahan dengan printer. Dengan adanya banner yang Anda pasang di rumah Anda atau kantor bisnis Anda ini, tentunya masyarakat yang lewat bisa tahu kalau disini bisa cetak undangan. Selain itu sebagai pengenal untuk mempermudah calon pelanggan Anda yang ingin datang ke lokasi untuk memesan undangan.

5. Mencari Vendor Blangko Undangan 


Memulai usaha cetak undangan tentu Anda harus tahu dimana tempat membeli blangko undangan. Dizaman teknologi saat ini, mencari vendor blangko undangan pun sangat mudah sekali. Anda hanya tinggal menyebutkan apa yang anda cari dan tempat anda tinggal, maka muncul lah toko yang menjual blangko undangan.

Toko penjual blangko undangan biasanya memiliki katalog undangan dengan ratusan desain undangan yang siap cetak, mereka biasa memberikan katalognya secara cuma-cuma atau dengan harga miring. Katalog undangan yang mungkin terkenal saat ini seperti merek ERBA, DGREEN, EVANUR, THARA, dll. Katalog blangko undangan yang diberikan biasanya ada dua jenis yaitu undangan Hardcover dan softcover.

6. Laptop atau Komputer


Yang terakhir tentunya adalah laptop, kalau punya komputer juga tidak apa-apa. Asalkan ada port usb untuk menghubungkan dan menjalankan printernya. Namun jika Anda belum memilikinya, saya sarankan membeli laptop saja. Karena laptop lebih praktis dan harga belinya juga terjangkau.

Untuk harga laptop bekas dengan spesifikasi yang luar biasa untuk ukuran bisnis cetak undangan hanya dijual Rp 2,5 juta. Untuk selengkapnya bisa cek tulisan saya di blog Badrul Mozila atau lihat disini.

Rincian Modal Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Dengan Printer


Rincial Modal Bisnis Cetak Undangan Dengan Printer


Berikut adalah rincian modal untuk memulai bisnis cetak undangan dengan printer.

  • Laptop bekas: Rp 2,500,000 (dua juta lima ratus ribu rupiah)
  • Printer baru: Rp 2,200,000 (dua juta dua ratus ribu rupiah)
  • Banner: Rp 500,000 (lima ratus ribu rupiah)
  • Blanko undagan: beli kalau ada pesanan
  • Beli katalog blanko: Rp 25,000 - Rp 100,000 (saya asumsikan Rp 100,000)
  • Lokasi: di rumah (gratis)
  • Pemasaran: media sosial (gratis, butuh tenaga, dan tekad)
  • Total modal: Rp 5,300,000 (lima juta tiga ratus ribu rupiah)
Saya kira modal yang saya rincikan diatas cukup terjangkau untuk menjankan sebuah bisnis percetakan. Apalagi jika dibandingkan dengan keuntungan yang di dapatkan nantinya. Belum lagi jika Anda bisa mencari alat-alat tempur diatas dengan harga yang jauh lebih murah, tentu bukan tidak mungkin bila modal yang Anda keluarkan jauh lebih sedikit.

Resiko Usaha Cetak Undangan Pernikahan Dengan Printer


Dalam berbisnis tentunya akan ada masalah dan resiko. Itu hal yang lumrah dalam dunia bisnis. Begitu juga dengan bisnis cetak undangan pernikahan menggunakan printer. Berikut adalah beberapa resiko eksternal yang sering terjadi dalam usaha cetak undangan dengan printer:

  1. Printer Rusak, Rawat printer anda jika tidak ingin rusak sebelum balik modal. Menjaganya dari debu dengan menutup dengan kain adalah salah satu upaya menjaga printer tetap awet.
  2. Persaingan, dimanapun bisnis itu berada tetap memiliki kompetitor, maka tugas anda sekarang adalah mengatasi persaingan dengan membuat kelebihan-kelebihan yang tidak ada pada kompetitor Anda. Apa alasan orang menggunakan jasa anda jika jasa anda sama saja seperti yang lainnya?

Penyebab Gagalnya Usaha Cetak Undangan


Selain resiko, Anda juga harus mengetahui beberapa penyebab bisnis cetak undangan pernikahan dengan printer tidak berkembang atau bahkan bisa gagal di tengah jalan.

  1. Menunggu orderan, artinya anda jangan suka menunggu orderan datang ke anda. Tapi cobalah untuk menjemput orderan itu, lakukan promosi usaha cetak undangan anda jika tidak ingin gagal usaha ini. 
  2. Tidak konsisten, maksudnya adalah anda orang tidak sabaran menjalani sebuah usaha. Mungkin dalam waktu 1 sampai 3 bulan usaha masih mendapatkan orderan yang sedikit atau orderan cicak. Tetapi jika anda menjalankannya dengan konsisten, bisa saja dalam waktu berberapa bulan anda mendapatkan orderan sebesar kadal atau bahkan buaya.
  3. Kurang inovatif, usaha cetak undangan adalah salah satu usaha yang bisa anda kembangkan. Kurang nya inovasi bisa membuat usaha cetak undangan anda gagal, coba anda inovasikan jasa cetak undangan anda dengan menyediakan souvenir-souvenir pernikahan.

Penutup, Sekaligus Motivasi Untuk Anda Yang Ingin Menjalankan Bisnis Ini


ABG Mampu Meraup 15 Juta Per Bulan Dari Bisnis Cetak Undangan


Terakhir sebagai penutup artikel ini, sekaligus mungkin bisa menjadikan motivasi untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis ini. Di lansir dari situs informasi Kumparan, yang membeberkan cerita dari seorang ABG yang mampu meraup omset Rp 15 Juta per bulannya dengan bisnis cetak undangan. Wah luar biasa kan bisnis cetak undangan pernikahan dengan printer? asalkan ada niat dan usaha saya yakin Anda juga bisa. Selamat mencoba dan berusaha sobat Kudune.

Baca juga:

0 Response to "Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Dengan Printer"

Posting Komentar