Cara Melakukan Zakat Online Beras
Cara Melakukan Zakat Online BerasZakat menurut bahasa mempunyai makna tumbuh, subur, berkembang, ataupun bertambah. Sedangkan kata zakat sendiri berasal dari zakat yang mempunyai arti suci, berkah, baik, berkembang, dan juga tumbuh. Mengapa diberi nama zakat? Hal ini dikarenakan di dalam rapat tersebut adanya sebuah harapan untuk bisa mendapatkan keberkahan, mampu membersihkan jiwa dan bisa memupuk kebaikan.

Arti tumbuh yang dimiliki oleh zakat memberikan petunjuk jika mengeluarkan zakat mampu menumbuhkan rezeki. Pelaksanaan dari salat sendiri tentunya bisa memberikan pahala yang sangat banyak, sedangkan makna suci dari zakat mampu menunjukkan jika data tersebut merupakan sarana mensucikan jiwa dari kejelekan serta. Di dalam Alquran sendiri juga telah disebutkan pada Quran surat at-taubah ayat 103 jika mengambil zakat dari sebagian harta maka zakat yang dilakukan tersebut mampu membersihkan dan juga mensucikan orang-orang yang melakukan zakat.

Zakat Dengan Menggunakan Beras

Cara Melakukan Zakat Online Beras


Zakat online beras bisa disebut sebagai zakat fitrah yang mana zakat ini harus dijalankan oleh seluruh umat Islam yang telah mampu untuk menunaikan zakat fitrah tersebut. Perlu Anda ketahui Untuk waktu dalam melaksanakan zakat fitrah telah ditentukan dan tidak boleh sembarangan dalam memilih waktu, melaksanakan zakat fitrah tempatnya ada di bulan Ramadan yang dibatasi sebelum melaksanakan salat idul Fitri. Tentu dari waktu pemberian zakat fitrah ini sangat berbeda dibandingkan zakat lainnya.

Seperti yang telah ada pada hadis nabi yang diriwayatkan oleh abu Daud, dimana disitu menyatakan jika seseorang yang melaksanakan zakat Fitri sebelum waktu salat idul Fitri dilaksanakan maka zakat tersebut diterima. Akan tetapi ketika zat tersebut dilaksanakan sesudah melaksanakan salat idul Fitri maka zakat itu hanya dianggap sebagai sedekah biasa.

Zakat fitrah sendiri harus ditunaikan dengan bentuk beras ataupun makanan pokok yang mempunyai berat 2,5 kg atau bisa juga dihitung 3,5 liter beras. Mengenai kualitas dari beras maupun makanan pokok yang digunakan berzakat harus memiliki kualitas yang baik dan sesuai untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun zakat fitrah ini juga bisa diganti dalam bentuk uang yang hampir sama nilainya dengan 2,5 kg beras tersebut.

Hukum Mengenai Zakat Beras Secara Online

Beberapa orang selalu bertanya-tanya apakah zakat online susah dilaksanakan? Terlebih lagi pada zakat terdapat ijab qobul. Ijab qobul sendiri bukan termasuk dari rukun zakat dan tidak termasuk pada salat zakat. Yang mana yg berzakat sangat berbeda dengan akad jual beli dan juga wakaf.

Sedangkan untuk unsur yang sangat penting saat zakat tersebut dilaksanakan ialah pemberi zakat, harga yang digunakan sebagai zakat serta penerima zakat. Seorang Muzakki yang memberikan zakat harus mempunyai harta yang telah mencapai nisab maupun memenuhi kriteria wajib melaksanakan zakat. Sedangkan untuk harta zakat yang digunakan adalah harta yang dibolehkan menjadi zakat. Sedangkan untuk menerima zakat sendiri adalah orang yang betul-betul berhak memperoleh zat-zat tersebut.

Cara Melakukan Zakat Online Beras

Dan yang menjadi unsur penting dalam bacaan zakat adanya pernyataan zakat dan juga doa penerima zakat. Beberapa ulama pun memiliki pendapat jika tidak perlu mengucapkan kata apabila harta yang diberikan merupakan zakat kepada penerima zakat, karena sudah diterima zakatnya. Itulah mengapa seorang Muzakki yang tidak menyatakan kepada penerima zakat jika harta yang telah diserahkan merupakan zakat maka zakat yang dilakukan tetap sah. Itulah mengapa seseorang dapat melaksanakan zakat fitrah online kepada lembaga amil zakat.

Kemudian, hal paling ideal ketika melakukan zakat online maka harus disertai dengan adanya konfirmasi zakat secara tertulis. Biasanya konfirmasi saya tulis ini adalah bentuk dari pernyataan zakat yang telah dilaksanakan.

Umumnya penyerahan dari zakat diberikan kepada fakir miskin, mualaf, gharim, Ibnu Sabil, Amil, riqab, dan juga fisabilillah. Anda pun tidak perlu cemas ketika menyalurkan zakat beras kepada badan Amil terdekat karena memang penyerahan betul-betul kepada orang-orang yang membutuhkan.

Nah, bisa disimpulkan jika Zakat Online atau Wakaf Online untuk dijalankan dan caranya pun sangat mudah.  Tentu dengan via online Anda bisa menghemat waktu tanpa perlu datang langsung ke tempat badan amil. Sekian artikel Kudune.com kali ini, semoga bisa membantu Anda dalam melakukan zakat dengan mudah.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter